SMA Modern Riyadhul Jannah Kuasai Perlombaan Cerdas Cermat Bahasa Arab (CCBA) di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Berita

Mengikuti berbagai event perlombaan merupakan salah satu bentuk dukungan yang diberikan SMA Modern Riyadhul Jannah untuk mengembangkan bakat, minat  serta untuk mengasah ketrampilan akademis dan non akademis peserta didik. Salah satu event bergengsi yang baru saja diikuti oleh perwakilan SMAM RJ ini adalah Gebyar Bahasa Arab (GBA) 2024 yang diadakan oleh UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon pada tanggal 25 – 28 September 2024.

Dari beberapa cabang perlombaan, SMAM RJ mengirimkan 2 tim untuk Cerdas Cermat Bahasa Arab (CCBA) yang beranggotakan Tim 1: Mutiara Nurul Jamilah, Ahmad Fajar Fairuzza, Excel Ramadhan Pratama. Tim 2 : Mutiara Suci Ramadhani, Eli Cindia Oktari Vasha dan Ashima Najwa Mahir. Untuk peserta pidato Bahasa Arab yaitu Ahmad Rizal Sandiatama dan Nazra Salsabila Az Zahra serta 1 peserta untuk lomba Ghina Aroby Reynaldi Aldiansyah (Perwakilan Pondok).

Pada perlombaan Cerdas Cermat Bahasa Arab (CCBA) di regu pertama SMAM RJ unggul dengan meraih poin sebanyak 2455 sehingga berhak untuk mengikuti final. Di regu kedua tim SMAM RJ juga unggul dari 4 tim lainnya dengan poin akhir 2680. Pada babak final, 2 tim SMAM RJ mewakili regunya harus berhadapan dengan 3 perwakilan tim dari regu yang lain.

“ Waktu lomba kita sedikit nervous. Lawan kita juga juara bertahan dari tahun-tahun sebelumnya. Mantep pokoknya. Tapi kita sudah ikhtiar sebisa mungkin, sudah latihan sebulan sebelum lomba siang-malam dan doa terus menerus” kata Excel saat ditanyai bagaimana perasaanya mengikuti perlombaan CCBA ini.

Excel menjelaskan ia dan rekan timnya telah latihan secara intensif selama satu bulan sebelum perlombaan. Ia diberi banyak materi-materi tambahan dan latihan soal berulang-ulang. Pengalaman tahun lalu dimana ia gagal di babak penyisihan juga menjadi cambuk untuknya berusaha lebih keras lagi. Bantuan serta dukungan dari para guru dan orang tua juga menambah semangatnya sehingga ia tidak lagi takut dengan tim lain.

“Alhamdulillah, kita seneng banget tim dari RJ dua-duanya masuk final. Tapi kata juri, meski satu sekolah di atas panggung kita tetap harus beradu. Selepasnya baru menjadi satu kembali dibawah naungan Riyadhul Jannah” ujar Excel.

Setelah pertandingan yang cukup sengit dengan tim-tim yang masuk babak final, akhirnya Tim 1 dari SMAM RJ menduduki peringkat pertama dengan poin akhir 1120. Kemudian disusul oleh tim 2 SMAM Rj dengan poin 780. Berita lolosnya 2 tim SMAM RJ memasuki final sudah disambut dengan Syukur oleh para guru, asatidz dan seluruh keluarga Riyadhul Jannah. Mendengar informasi akhir bahwa kedua tim tersebut meraih juara 1 dan 2 sekaligus disambut dengan suka cita dan Syukur yang tak terkira. Selain kabar gembira dari tim CCBA, berita menggembirakan lainnya adalah perwakilan pidato Bahasa Arab juga memperoleh juara kedua.

“Terimakasih kami sampaikan seluruh peserta yang telah mewakili sekolah kita. Keberhasilan ini adalah hasil dari kerja keras, ketekunan, dan semangat yang luar biasa. Kami sangat bangga atas pencapaian kalian dan ini merupakan bukti bahwa dengan tekad yang kuat, segala hal bisa tercapai. Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk terus berprestasi dan mencapai lebih banyak hal hebat ke depannya. Teruslah berkarya dan jadilah inspirasi bagi teman-teman lainnya. Semoga sukses selalu menyertai kalian ! “ ungkap Ustad Farid Abdul Rohman sebagai kepala sekolah SMAM Modern Riyadhul Jannah yang pada saat perlombaan tidak bisa hadir mendampingi karena sedang melaksanakan Wisuda dan Yudisium gelar Magister di Lampung. Tapi meski tidak menyertai secara langsung beliau tidak luput memantau keberlangsungan kegiatan perlombaan melalui pesan dan video call.

Selamat untuk para juara. Selamat untuk seluruh perwakilan lomba. Pemenang bukanlah orang yang tidak pernah gagal, tapi orang yang tidak pernah menyerah ditengah persaingan.

Ditulis oleh : Miska Unil Ilma

Leave a Reply